Perlunya berlatih selama 10.000 jam untuk menjadi profesional, mengapa?

Image source: hjcambie.sd38.bc.ca

Tulisan ini terinspirasi dari isi buku Outliers karya Malcolm Gladwell yang sangat populer itu. Mengenai kaidah 10.000 jam. Setiap orang di dunia ini menginginkan kekayaan, kesuksesan, kemakmuran, dan kejayaan. Sehingga mereka rela bekerja keras untuk mencapainya. Berbagai usaha telah mereka coba lakukan demi keberhasilan dalam mendapatkan apa yang diinginkan dan dicita-citakan. Dari yang jatuh bangun sampai ada dari mereka yang menyerah di tengah jalan. Hanya yang bertahanlah yang memiliki kesempatan untuk menang.

Namun, yang sering dilupakan orang terkait pencapaian sebuah kesuksesan adalah pentingnya menemukan passion/bidang yang disukai. Dan tak hanya itu saja, setelah menemukan passion, alangkah baiknya jika seseorang melakukan latihan selama 10.000 jam hingga menjadi ahli di bidang tersebut. Setelah melalui penelitian panjang, Malcolm Gladwell menemukan fakta unik dalam orang-orang sukses di generasi ini, seperti Bill Joy (pendiri Sun Microsystem), Bill Gates (pendiri Microsoft), The Beatles (band legendaris dari Inggris), dan lain sebagainya.

Fakta unik yang bisa ditemukan dari mereka adalah kesamaan mereka, yakni sama-sama telah melalui waktu 10.000 latihan di bidang masing-masing sebelum mereka sukses seperti yang bisa kita lihat saat ini. Mengapa 10.000 jam? Karena memang itu adalah waktu latihan yang paling afdhal untuk menjadi pakar/ahli di suatu bidang, dan telah melalui penelitian melalui wawancara khusus. Menariknya di sini adalah, kita tak perlu lagi galau dan bimbang tentang kemampuan diri sendiri. Tak perlu galau pula mengenai bakat yang kita miliki. Karena ternyata yang membuat seseorang sukses dan ahli di suatu bidang adalah kerja kerasnya untuk konsisten latihan..latihan..dan latihan. Mengembangkan bakat yang mereka miliki, seminim apa pun bakat itu.



Inilah hal paling penting dalam pencapaian kesuksesan. Pemahaman bahwa kita pun bisa mencapai keberhasilan dan menjadi ahli di suatu bidang. Melalui latihan! Ya...tak ada kata lain yang lebih menginspirasi untuk segera berbuat untuk sebuah keberhasilan selain TERUS BERLATIH. Dengan adanya pemahaman itu, maka kita tak akan cemas lagi tentang faktor bakat, keberuntungan, maupun faktor lingkungan. Yang pasti temukan saja aktivitas apa yang kamu suka (passion) dan latihlah hal itu sampai 10.000 jam. Yang mana jika rata-rata latihan per hari 4 jam, dan 250 hari selama setahun, maka butuh waktu 10 tahun untuk menjadi ahli/pakar di bidang tersebut. Practice makes perfect!

Bahkan mereka yang telah sukses pun tak berhenti hanya sampai di situ saja. Setelah seseorang mencapai keahlian di bidangnya, dia akan terus menggunakan waktunya untuk berkarya agar skill mereka terus bertambah baik, jam terbang meningkat, dan karya-karyanya terus bertambah. Buatlah latihan itu menjadi kebiasaanmu. Sehingga keahlian dan keberadaan mereka pun tidak menjadi sia-sia. Karya-karya mereka akan terus memberikan manfaat untuk orang lain.

Temukan aktivitas yang kamu suka - latihan dan praktek 10.000 jam - teruslah berkarya!
Maka sukses akan menghampirimu, kawan!

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Perlunya berlatih selama 10.000 jam untuk menjadi profesional, mengapa?"

Posting Komentar