Menjadi seorang penulis merupakan pilihan terakhir bagi saya...

Image source: infojakarta.net

Tak banyak orang mau menekuni pekerjaan sebagai seorang penulis. Karena memang untuk masa-masa awal, profesi penulis belum bisa menghasilkan pemasukan yang pasti. Ada berbagai macam jenis penulis, yakni penulis buku, penulis novel, dan penulis blog. Opsi terakhir itulah yang menjadi pilihan hidup saya sekarang. Saya akan memfokuskan diri untuk menjadi penulis blog. Saya yakin akan banyak jalan untuk mendapatkan penghasilan jika saya bisa menghasilkan tulisan yang baik.

Mungkin memang jarang sekali ada orang yang langsung memilih menjadi penulis tanpa memiliki latar belakang pekerjaan sebelumnya. Misal penulis yang membuat sebuah karya tulisan atau artikel pada waktu luangnya, sehingga dia tidak begitu berharap untuk mendapatkan penghasilan segera dari tulisan-tulisan yang dibuatnya karena pada dasarnya dia memang sudah memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap. Sehingga dia merasa aman bisa hidup dari pekerjaan tetapnya sambil menjalani profesi penulis. Namun tidak semua penulis memiliki latar belakang pegawai kantoran semacam itu.

Beberapa penulis terlahir sebagai seorang penulis murni yang memiliki banyak waktu luang karena memang mereka tidak memiliki pekerjaan lain di luar menulis. Bisa jadi karena memang sudah meninggalkan pekerjaan lamanya, atau memang sejak lulus kuliah belum mandapatkan pekerjaan tetap. Walhasil, menulis menjadi pilihan terakhir bagi mereka. Begitu pun dengan saya, setelah meninggalkan pekerjaan saya yang lama karena satu alasan yang prinsipil, saya akhirnya mencoba berbagai usaha yang memungkinkan saya mendapatkan penghasilan sehari-hari. Mulai dari berjualan sandal gunung, berjualan produk kesehatan, hingga berjualan gitar.

Image source: www.teropongku.com

Namun dari beberapa usaha tersebut saya merasa tidak menemukan passion untuk menjalaninya sehingga usaha-usaha tersebut tak kunjung memberikan hasil yang signifikan. Memang benar teori yang sedang populer saat ini tentang pentingnya passion. Dengan adanya passion benar-benar akan membuat kita semakin semangat untuk menghadapi masalah di hadapan kita terkait dengan usaha atau bisnis yang sedang dijalani. Yang mana pada akhirnya akan membuat usaha menjadi semakin dekat dengan kesuksesan. Atas dasar kurangnya passion di bidang usaha yang telah saya jalani itulah saya mulai menjalani profesi sebagai seorang penulis blog/blogger. Kebetulan sudah sejak lama saya suka membaca buku/informasi-informasi menarik dari internet. Harapannya, kesukaan saya pada aktivitas membaca dapat membantu saya untuk semakin mahir menulis.

Pilihan terakhir sebagai seorang blogger merupakan pilihan yang bijak bagi saya. Hal itu dikarenakan saya memang sangat suka dengan aktivitas mengetik, membaca, dan berbagi informasi. Sudah sesuai dengan minat dan passion saya. Akhirnya profesi ini akan saya jalani terus hingga sukses, tentu dengan komitmen dan konsistensi dalam membuat artikel-artikel berkualitas untuk pembaca sekalian.

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Menjadi seorang penulis merupakan pilihan terakhir bagi saya..."

Posting Komentar