Passion ternyata bisa ditemukan asalkan terus mencarinya...


Image source: cdn.klimg.com

Passion bisa jadi sebuah misteri jika kita tidak dapat menemukannya selama hidup. Memang benar bahwa peranan passion sangatlah penting dalam karir seseorang. Siapapun yang ingin sukses perlu menemukan passionnya terlebih dahulu untuk kemudian dijalani dengan berbagai tantangan dan rintangan yang ada sehingga kemungkinan untuk berhasil semakin besar.

Betapa tidak, passion bisa jadi modal penting untuk seseorang dalam menjalani kehidupannya. Pekerjaan apapun di dunia ini, jika tidak dikerjakan dengan passion, akan sangat bisa mengganggu karir yang sedang dijalani. Namun, bila sebuah pekerjaan dijalankan penuh dengan passion, maka akan menjadikan seseorang semakin ahli di bidang yang sedang ditekuninya. Dan bahkan sangat berpotensi menghasilkan kesuksesan.

Untuk mendukung passion itu agar berbuah kesuksesan, diperlukan fokus dan ketekunan tingkat tinggi. Dengan begitu keberhasilan tinggal menunggu waktu. Nah, yang akan saya share di sini adalah kenyataan bahwa passion itu bisa ditemukan. Terlepas dari banyak anggapan orang bahwa passion bisa jadi tidak ditemukan pada diri sebagian seseorang dan ada yang memang secara kebetulan menemukan passion dalam dirinya melalui aktivitas-aktivitas yang dikerjakannya saat masih sangat muda.

Akan tetapi, ternyata, passion bisa ditemukan asalkan kita terus mencarinya. Awalnya mungkin pernyataan itu terdengar berat bagi sebagian orang, namun saya sudah membuktikan sendiri bahwa memang passion bisa ditemukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa menemukan passion. Cara yang saya lakukan adalah fokus dalam beberapa hari melakukan hal-hal yang benar-benar saya sukai, kemudian saya menetapkan aktivitas yang paling membuat merasa saya betah berlama-lama sebagai passion saya. Dan ternyata pilihan jatuh ke blogging/menulis di blog.

Image source: inspirasipagianda.files.wordpress.com

Namun tidak semudah itu untuk menemukan passion. Kita perlu benar-benar mengujinya dengan kondisi lingkungan dan keluarga. Contohnya saat saya mulai mengerucutkan aktivitas-aktivitas kesukaan saya, yakni saat pilihan yang tersisa hanya bermain gitar dan menulis blog. Saya mencoba terus melakukan masing-masing aktivitas tersebut. Dalam waktu pagi, siang, sore, dan malam. Namun ternyata bermain gitar itu tidak sesuai jika saya lakukan dalam banyak waktu tersebut, karena kondisi lingkungan rumah saya sangat hening, saya takut kegiatan itu mengganggu ketenangan anggota keluarga saya yang lain di rumah, termasuk mengganggu ketenangan tetangga. Maka dari itulah saya memilih menulis di blog sebagai passion saya karena menurut saya passion adalah ketika kita tidak hanya nyaman dengan diri sendiri untuk melakukannya, namun sebisa mungkin kita bisa menimbulkan efek positif atau minimal tidak menimbulkan efek negatif di lingkungan sekitar kita ketika mengerjakan passion tersebut.

Anyway, memang tak mudah memutuskan untuk memilih mana passion kita, tapi saya percaya dan sudah membuktikan bahwa passion ternyata bisa ditemukan selama kita mau terus mencarinya. Satu-satunya alasan saya membuat statement tersebut adalah karena saya sendiri membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk menemukan passion saya. Bagaimana denganmu, kawan? Selamat mencari, dan teruslah mencari...

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Passion ternyata bisa ditemukan asalkan terus mencarinya..."

Posting Komentar