Perlunya kita fokus untuk bisa menggapai keberhasilan, apa pun bidangnya...

Image source: www.thoughtsupport.net

Tak ada yang bisa memungkiri bahwa fokus adalah kunci sukses. Dengan melakukan segala sesuatu secara fokus, maka siapapun akan bisa berhasil dengan hasil yang terkadang di luar dugaan sebelumnya. Fokus ibarat kaca pembesar yang menyorotkan cahaya sinar matahari ke sebuah kertas melaluinya yang pada akhirnya kertas itu terbakar. Itu artinya fokus benar-benar bisa membakar alias bisa mencapai tujuan apapun yang ingin kita capai.

Salah satu contoh sukses dengan peranan fokus adalah para pemain sepakbola. Mereka yang berhasil menjadi pesepakbola profesional di Liga Spanyol, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Prancis, Liga Belanda, Liga Brazil, Liga Jerman, dan liga-liga lainnya adalah para pesepakbola yang fokus pada bidangnya. Atlit sepakbola manapun yang fokus dan serius menekuni bidngnya di dunia sepakbola akan memiliki kesempatan berhasil yang jauh lebih besar daripada yang tidak fokus.

Tidak fokus dalam hal ini adalah melakukan lebih dari satu bidang secara bersamaan. Misalnya pemain sepakbola yang sekaligus merintis bisnis, akan memiliki kemungkinan berhasil yang sangat kecil pada salah satu bidang yang dia pilih itu. Penyebabnya adalah tidak mampunya manusia melakukan hal yang sama baiknya pada lebih dari satu bidang. Sebab biasanya jika seperti itu yang dilakukan maka pada akhirnya akan dikorbankan salah satu bidang. Bila bisa pun dia tidak akan berhasil pada salah satu bahkan keduanya. Yang terjadi justru keduanya akan mengalami kegagalan.

Image source: pinbook.me

Tidak fokusnya seseorang pada suatu bidang bisa diibaratkan seperti burung elang yang mengejar dua kelinci sekaligus, yang pada akhirnya elang tersbut tidak berhasil mendapatkan kelinci satu pun karena masing-masing kelinci punya tujuan melarikan diri yang berbeda satu sama lain, bahkan bisa berkebalikan arahnya. Lain halnya jika elang itu hanya membidik satu kelinci, jadi kemana pun kelinci itu melarikan diri akan sanggup dikejar oleh elang dengan pengawasannya yang optimal pada hanya satu kelinci.

Kisah antara elang dan kelinci ini hendaknya bisa menjadi pengingat bagi kita tentang arti pentingnya fokus. Jadi, alangkah baiknya kita hanya memilih untuk melakukan satu saja bidang hingga kita mencapai keberhasilan di dalamnya. Kemudian baru kita bisa menjalankan bidang lain karena bidang pertama yang dipilih itu sudah mencapai keberhasilan. Sehingga, yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah mengontrol bidang yang telah sukses dan bisa menghandel bidang baru yang akan dituju.

Kita bisa lihat contoh David Beckham yang awalnya hanya fokus pada sepakbola, yakni hanya berlatih dan bertanding sepakbola. Setelah mendapatkan keberhasilan di sepakbola, barulah dia merambah ke dunia modelling, setelah dikenal sebagai model berbagai merk ternama, kemudian dia merintis bisnis restoran dan lain sebagainya. Sekali lagi, fokus itu sangat penting untuk mencapai keberhasilan di suatu bidang. Pilihlah satu bidang terlebih dahulu, kemudian lakukanlah secara fokus bidang tersebut hingga berhasil. Selanjutnya Anda bisa melakukan kegiatan lain dengan harapan dapat mengikuti keberhasilan sebelumnya. Sukses selalu untuk Anda!

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Perlunya kita fokus untuk bisa menggapai keberhasilan, apa pun bidangnya..."

Posting Komentar