Hubungan antara kemakmuran dengan tirakat...

Image source: zonakaya.com

Seringkali kita di sibukkan dengan usaha untuk menggapai sebuah kesuksesan. Banyak yang bisa kita kerjakan terkait bidang yang ditekuni. Mulai dari bangun pagi hingga tidur lagi. Kegiatan dalam usaha mencapai kesuksesan tersebut tentunya menyita banyak waktu setiap harinya. Hal itu sangatlah wajar karena memang butuh kerja keras dan kerja cerdas untuk mencapai impian. Memiliki kemakmuran adalah salah satu impian semua orang.

Meskipun semua orang menginginkan untuk memiliki kemakmuran, namun tak semuanya mau untuk melakukan usaha pantang menyerah hingga berhasil. Banyak dari mereka dan bahkan mungkin kita pun tak sanggup menghadapi tantangan dan rintangan dalam menggapai keberhasilan. Kebanyakan menyerah terlalu cepat. Padahal seringkali mereka yang menyerah, mereka sudah tinggal sedikit saja mencapai tujuannya. Seandainya mereka sedikit saja meneruskan perjuangan, pastilah tercapai juga tujuan, apapun itu.

Tak bisa dipungkiri bahwa menjadi orang sukses tidaklah mudah. Tinggal siapa yang tidak pernah menyerah hingga berhasil, dialah yang akan mencapai kesuksesan itu. Namun ada yang lebih menarik terkait pencapaian sebuah kesuksesan segelintir orang, yakni adanya tirakat yang dilakukan setiap hari. Tirakat di sini merupakan sebuah bukti keprihatinan dalam usaha seseorang mencapai impiannya. Dalam islam, diajarkan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dalam kondisi apa pun.

Image source: media.salemwebnetwork.com

Apalagi sudah menyangkut tentang hajat atau kemauan. Maka tirakatnya harus lebih ketat. Beberapa kegiatan terkait dengan tirakat, di antaranya sholat tahajud, sholat dhuha, puasa senin kamis, sedekah, sholat berjamaah di masjid, sholat qobliyah dan ba'diyah, dan memperbanyak dzikir. Biasanya kita mengenal beberapa kegiatan tersebut sebagai sunnah Nabi Muhammad SAW. Kelihatannya sedikit saja tirakatnya dan terlihat simpel. Namun jika dilakukan secara kontinyu atau biasa disebut istiqomah, maka akan terasa menantang sehingga dibutuhkan konsistensi yang tinggi.

Allah SWT akan begitu menyukai hamba yang selalu mengingat-Nya baik dalam kondisi susah maupun senang. Insyaallah, Allah SWT akan selalu membersamai hamba-Nya yang tak pernah berhenti melakukan sunnah Nabi Muhammad SAW sebagai bukti ketakwaannya. Dengan begitu, usaha atau pun hajat apapun niscaya akan dimudahkan-Nya dalam proses pencapaiannya dan akan mendapat keberkahan yang luarbiasa. Hasil yang berkah akan terasa begitu nikmat dan lebih tahan lama. Inilah manfaat dari hubungan antara kemakmuran dengan tirakat.

Sudah saatnya kita atau siapa pun yang menginginkan kemakmuran dan kesuksesan, sudah selayaknya kita menyertai perjuangan dengan tirakat yang dilakukan terus-menerus bahkan ketika impian tersebut sudah tercapai. Semoga Allah SWT selalu membersamai kita dalam setiap langkah kehidupan ini. Amin.

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Hubungan antara kemakmuran dengan tirakat..."

Posting Komentar