Pebisnis MLM bukanlah orang jahat, jadi tak perlu dijauhi...

Image source: www.liputanmlm.com

MLM (Multi Level Marketing) adalah kata-kata yang termasuk membuat kita merinding mendengarnya. Apalagi kalau ketemu sama pebisnis MLM. Begitu pun juga dengan saya. Sejak jaman masih kuliah dulu, seringkali teman-teman saya yang penggiat MLM mendatangi saya untuk diprospek agar join ke bisnis mereka yang notabene banyak orang tidak menyukai model bisnisnya. Banyak sekali jenis bisnis seperti ini yang saya temui saat masih menginjak dunia kampus.

Saya yakin tidak hanya saya yang merasa tidak nyaman dengan penawaran semacam itu, apalagi terus-menerus. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut ternyata tidak semua dari pelaku bisnis ini merupakan orang yang menyebalkan. Ada beberapa dari mereka yang memang tulus ingin membantu orang lain untuk bisa sukses. Saya mengenal beberapa teman yang aktif di sebuah bisnis MLM, dan itu membuat pikiran saya terbuka. Bahwa image negatif bisnis seperti ini tidak bisa dijadikan patokan baik buruknya sebuah bisnis. Ternyata banyak juga sisi positif di dalam bisnis MLM.

Image source: mlm.com

Selain itu, bisnis yang sedang mereka jalankan ini bukanlah bisnis pertama mereka. Dalam arti mereka setelah kesana kemari jatuh bangun menjalankan bisnis konvensional, akhirnya menemukan 'jalan keluar' dari permasalahannya dalam hidup, dengan cara bergabung pada perusahaan MLM dan menjadi distributor aktif di dalamnya. Semula saya menyayangkan keputusan mereka, tapi ternyata hal itu tidak membuat mereka merubah keputusan.

Kesamaan yang ada pada teman-teman pebisnis MLM ini adalah mereka semua fokus mengejar impian. Dengan cara yang terbilang cukup elegan, mereka mampu menjalankan bisnis tersebut perlahan namun pasti. Rekrutan demi rekrutan berhasil mereka lakukan. Dengan motivasi yang besar untuk mendapatkan kesuksesan dan kemakmuran dalam hidup, maka itu bisa mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk menjadi termotivasi juga. Jadi saya bisa mengambil hal positifnya di sini.

Pelajaran yang bisa dipetik dari para penggiat MLM adalah motivasi, semangat, kebiasaan membaca buku, dan kebiasaaan positif lainnya yang terus menerus ada dalam diri mereka. Jadi sekarang bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya mereka bukanlah orang jahat yang semata-mata menjalankan bisnis MLM untuk meraup keuntungan pribadi. Namun bisa memberikan pengaruh positif pada lingkungannya, bahkan yang awalnya skeptis pada model bisnis MLM.

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Pebisnis MLM bukanlah orang jahat, jadi tak perlu dijauhi..."

Posting Komentar