Masa Depan bukan untuk dinanti, tapi untuk ditemukan...

Image source: axelyoprimastomo.files.wordpress.com

Nampaknya sampai kapan pun kita akan terus dibayangi oleh misteri masa depan. Betapa tidak, tak ada yang akan tahu apa yang terjadi di masa depan. Di masa yang akan datang kehidupan kita akan seperti apa, masih terus membuat kita penasaran. Hanya Tuhan yang mengerti dengan pasti akan masa depan setiap manusia.

Bahkan kehidupan yang sudah digariskan oleh Tuhan pada manusia pun tak ada yang bisa mengerti. Mungkin hanya sebatas menduga-duga dan memprediksi masa depan seseorang. Saya kira rahasia Tuhan ini akan tetap menjadi rahasia sampai kapan pun. Sekalipun seseorang telah mempelajari ilmu setinggi dan sedalam yang dia mampu, tetaplah yang akan terjadi di masa yang akan datang pada dirinya tak pernah bisa ia ketahui.

Inilah bukti betapa terbatasnya kemampuan manusia. Yang harapannya akan membuat manusia menjadi semakin beriman pada Tuhan. Selain itu, kita perlu menyikapi ketidaktahuan kita akan masa depan dengan cara menjalani kehidupan yang ada saat ini. Yakni dengan terus melakukan kebiasaan-kebiasaan positif. Satu-satunya cara yang bisa kita tempuh untuk menemui masa depan bukanlah dengan merenung dan menanti, namun dengan menjalani hari demi hari dengan sebaik-baiknya. Karena hari esok pun termasuk masa depan.

Image source: media.infospesial.net

Berbuat yang terbaik pada saat ini secara terus-menerus tanpa terasa akan membuat diri kita semakin dekat dengan masa depan. Perlu disadari bahwa masa depan kita perlu diciptakan. Perlu diusahakan. Bukan dicemaskan saja kemudian berdiam diri. Manusia diberi akal, rasa, dan daya untuk membentuk kehidupannya sendiri. Manusia masih dapat merubah takdirnya masing-masing. Atas izin Tuhan, manusia bahkan bisa menggapai kehidupan yang diinginkannya.

Usaha dan usaha, adalah solusi paling tepat yang bisa kita lakukan untuk menemukan masa depan. Tak perlu dinanti, namun harus dijalani. Waktu adalah benda yang paling berharga dalam hidup yang tidak lama ini. Kehidupan di dunia hanya sebentar bila kita mau menyadarinya. Maka dari itu, hargailah waktumu sebaik mungkin. Jadikan hidupmu sebagai kehidupan yang produktif dan terus menghasilkan karya/kontribusi yang positif untuk masyarakat sekitar dalam kehidupan sosialmu. Gunakan keahlianmu untuk bisa memberi manfaat untuk orang lain dan jadikanlah itu sebagai kebiasaanmu.

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Masa Depan bukan untuk dinanti, tapi untuk ditemukan..."

Posting Komentar