Internet benar-benar telah mengubah cara hidup kita...

Image source: cdn.arstechnica.net

Selama beberapa tahun terakhir Indonesia sangat aktif dalam dunia maya. Segala sisi kehidupan di negara kita tak terlepas dari internet. Ya, keberadaan internet sungguh menyeluruh ke berbagai bidang, karena pengaruhnya begitu besar. Internet dapat dijadikan sebagai alternatif yang bisa menyumbang solusi bagi pembangunan nasional. Bidang pendidikan pun semakin gencar memperkenalkan tentang internet pada siswa-siswa, mulai dari SMP hingga Perguruan Tinggi.

Pengetahuan tentang internet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan jawaban atas beberapa persoalan ekonomi, sosial, politik, dan lain sebagainya. Melalui internet, seseorang yang memiliki keahlian di suatu bidang dapat berbagi melalui artikel di website ataupun blog, sehingga tulisan mereka nantinya dapat dibaca oleh orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut melalui pencariannya di mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll). Kurang lebih seperti itulah cara kerja internet.

Seiring perkembangan zaman, internet pun mulai merambah di berbagai sektor penting lain, salah satunya merubah cara berdagang. Banyak toko online, marketplace, dan forum-forum jual beli online. Selain itu kehidupan sosial pun semakin terpengaruh dengan adanya internet, melalui media sosial. Beberapa media sosial yang sangat populer adalah Facebook, Twitter, dan Google Plus. Tidak ketinggalan pula aplikasi gadget yang merubah cara berkomunikasi manusia, antara lain WhatsApp, BlackBerry Messenger, Line, dll.

Image source: cdn2.business2community.com

Tak perlu diragukan lagi bahwa internet sungguh telah merubah cara hidup manusia, cara hidup kita semua! Tentulah yang namanya teknologi tak pernah lepas dari dampak negatif, selain manfaat positif yang bisa kita dapatkan tentunya. Namun kembali ke diri kita masing-masing, apakah dapat menggunakan teknologi dengan bijak atau tidak. Di sinilah kita perlu berhati-hati dan waspada, termasuk teknologi internet. Bahkan ada keteledoran yang mengakibatkan kerugian pada pengguna internet seperti penipuan saat transaksi online.

Memang sudah seharusnya kita bisa membentengi diri dari pengaruh negatif teknologi mutakhir yang satu ini. Cara berkomunikasi lewat internet juga perlu kita perbaiki, agar tidak menyinggung banyak pihak terkait. Banyak sekali celotehan-celotehan berupa kritik dan feedback negatif melalui media sosial yang menimbulkan perselisihan. Seolah dunia maya itu sama efeknya dengan dunia nyata. Di situlah kita perlu mengendalikan diri agar tidak termasuk dalam penebar pengaruh negatif via internet.

Sudah seharusnya masyarakat semakin kritis dan berhati-hati dengan semakin berkembangnya teknologi ini, semakin maju harus semakin bisa mengontrol diri. Mari kita maksimalkan manfaat positif yang bisa didatangkan oleh internet. Bravo Indonesiaku!

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk "Internet benar-benar telah mengubah cara hidup kita..."

Posting Komentar